Rabu, 24 Oktober 2012

Hup! Adu Sumo Lawan Bocah Gemuk di Jepang


img
Sammy Traveller - Sumo adalah olahraga gulat tradisional yang begitu terkenal di Jepang. Tak lengkap rasanya bila traveling ke Negeri Sakura tanpa mencoba olahraga tersebut. Tapi ternyata, tak mudah melakukannya.

Sammy Traveller diajak untuk bertemu dengan para pesumo cilik dan pelatih mereka di sasana sumo Kota Sakai, Jepang. Ada sekitar 15 anak yang berlatih, mulai dari usia 4 tahun hingga 12 tahun.

Mereka dilatih oleh para pesumo profesional dan mantan juara sumo pada masanya. Latihan anak-anak itu cukup keras, bahkan sampai ada yang menangis tak sanggup menahan beban latihan.

"Itu memang cara latihannya. Mendorong mereka sampai titik terakhir, karena itulah sumo, butuh kerja keras untuk menjadi juara," tutur Hisanori Kato, pemandu rombongan.

Nah, Sammy Traveller ditawarkan oleh para pelatih sumo untuk ikut berlatih sekaligus bertanding melawan pegulat cilik itu. Sebelum memulai pertandingan, kita harus memakai mawashi atau sabuk yang dipakai di bagian vital.

Lalu, kita akan diajak untuk berlatih keseimbangan dengan cara berdiri sambil menurunkan lutut dan meluruskan bahu. Setelah itu, kaki kanan harus diangkat hingga seujung bahu dan menghentakkannya ke lantai. Kaki kiri pun demikian. Latihan ini harus dilakukan hingga hitungan 200.

"Sumo itu adalah soal keseimbangan, kelenturan, dan kekuatan. Jadi harus dilatih dulu," kata Kato.

Tibalah saatnya pertandingan. Namun rupanya, bukan pegulat cilik yang saya lawan, namun sang guru yang sudah berpengalaman. Rasa takut mulai menyelimuti dada.

"Haiiiiiiikkk!" teriak wasit memberi aba-aba.

Saya berusaha menyerang sang pelatih dengan sekuat tenaga dan mendorongnya ke luar arena. Namun tubuhnya tak banyak bergerak. Dia hanya menahan kaki tanpa berusaha melawan. Hingga akhirnya saya dibanting dan keluar arena.

Pertandingan berjalan seperti itu seterusnya. Sekitar 10 ronde yang saya jalani, semuanya berakhir dengan kekalahan. Kaki lecet dan pegal-pegal.

Roland, salah seorang rekan wartawan asal Indonesia yang mencoba pertandingan sumo pun bernasib sama. Meski dia melawan anak SMP berusia 12 tahun, namun tubuhnya yang besar dengan bobot 80 kilogram, tak mampu dilawan.

"Kecil-kecil tapi badannya gede. Susah dilawan," ujar Roland kewalahan.

Bila Anda ingin mencoba latihan ini, datang saja ke sasana Sumo Sakai. Para pesumo latihan setiap hari Minggu mulai pukul 11.00 WIB.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda