Rabu, 24 Oktober 2012

Bandung Jadi Tujuan Utama Turis Malaysia dan Belanda


img

Sammy Traveler - Siapa yang tidak tergoda dengan suasana Bandung yang sejuk dan penuh destinasi wisata? Tidak hanya turis domestik, turis mancanegara pun tertarik. Bahkan, turis asal Malaysia dan Belanda menjadikan Bandung sebagai tujuan utama.

"Untuk turis Malaysia, Bandung jadi destinasi utama," kata Ketua Association of The Indonesia Tours and Travel Agencies, Herman Rukmanadi dalam Seminar Bandung Tourism Outlook 2013 di GH Universal Hotel Jl Setiabudhi 376, Bandung, Jawa Barat.

Turis Malaysia itu, tambah Herman, datang ke Bandung karena tertarik wisata kulinernya. Mereka sangat peduli dengan makanan halal dan juga belanja di Bandung.

"Yang bisa jadi turis kedua yang banyak datang ke Bandung setelah Malaysia adalah Thailand," kata Herman.

Menurutnya, Thailand juga datang ke Bandung karena kuliner yang cocok. Selain itu, ada kedekatan sejarah yang membuat turis Thailand datang ke Bandung.

"Dulu, King Rama IV pernah tinggal di Bandung selama 15-16 tahun di Bundaran Siam, dan tempat semedinya ada di Hutan Pakar Juanda," tutur Herman.

Kalau melirik Eropa, turis yang paling banyak datang ke Bandung adalah turis asal Belanda. "Untuk Eropa, potensi pasar baru satu, yaitu Belanda. Biasanya mereka melihat rumah yang ada di Bandung," jelas Herman.

Lalu kemana turis Eropa lainnya? "Bagi kebanyakan orang Eropa, Bandung belum menjadi tujuan utama, mereka masih memilih Bali, kalau pun ke Bandung cuma 2-3 hari," tambah Herman.

Sebelum menutup pembicaraan, Herman pun berharap jumlah turis yang datang ke Bandung bisa bertambah. "Kenapa kita pilih turis asing? Karena mereka buang dollar dan masuk untuk kita," tutup Herman.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda