Rabu, 24 Oktober 2012

Kontes Foto Bawah Laut Kelas Dunia Bakal Digelar di Indonesia

img

Sammy Traveler - Indonesia punya banyak sekali dive spot yang indah. Oleh karena itu, Indonesia jadi tuan rumah kontes foto bawah laut yang pesertanya dari seluruh dunia. Tak tanggung-tanggung, hadiah totalnya mencapai Rp 1,9 miliar!

Indonesia World Underwater Photo Contest 2013 (IWUPC) adalah sebuah kontes foto bertaraf internasional yang diadakan selama 11 bulan. IWUPC berlangsung dari 1 Januari-30 November 2013.

"Ada beberapa perbedaan dalam kontes ini dibanding kontes foto underwater yang lainnya," ucap Konsultan Wisata Bahari Kemenparekraf, Cipto Aji Gunawan dalam acara Sosialisasi dan Registrasi Indonesia World Underwater Photo Contest 2013 di RedTop Hotel Lt 3, Jl Pecenongan, Jakarta.

Perbedaan pertama adalah jangka waktunya yang panjang yaitu 11 bulan. Hal ini memungkinkan para peserta lebih leluasa untuk mengikuti kontes ini. Yang kedua adalah, tidak ada kepanitiaan dalam acara ini. Pendukung utama kontes ini adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kementerian ini akan menjadi sekretariat, pelaksana serta berkecimpung dalam hal penjurian.

Perbedaan lain yaitu peserta dive tidak perlu mendaftar, namun cukup menyelam bersama operator diving yang sudah terdaftar. Dengan begitu, foto yang diambil selama menyelam sudah bisa dilombakan. Operator diving di seluruh Indonesia bisa mendaftar dalam kontes ini.

"Kontes ini sekaligus ingin memajukan operator dive yang ada di seluruh penjuru Indonesia," ujar Cipto.

Kontes foto bawah laut ini terbagi dalam 7 kategori, dari pemula hingga profesional. Uniknya, tidak hanya fotografer yang bisa memenangkan hadiah, namun ada juga hadiah untuk dive leader. Hal ini diharapkan menjadi pemacu bagi para operator dive untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan tentang spot diving di kawasannya.

"Kalau instruktur divenya dapat hadiah, pasti jadi lebih semangat kan," lanjut Cipto.

Semua orang termasuk Anda bisa mengikuti kegiatan ini. Tak tanggung-tanggung, total hadiahnya sekitar US$ 200 ribu (sekitar Rp 1,9 miliar) yang diberikan oleh Kemenparekraf. Akan ada 7 juri kaliber dunia yang akan menilai hasil foto para peserta. Ketujuh jurinya adalah Dr Alex Mustard, Matt Weiss, Keri Wilk, Stephen Wong, Yoshi Hirata, David Espinosa dan Brian Skerry.

"Orang menganggap sebuah kontes itu bagus kalau jurinya profesional," tandas Cipto. Nah, ayo ikutan, masih ada waktu mempersiapkan foto bawah air yang cantik!

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda